Selasa, 08 September 2015

Ada bahasa yang lebih santun untuk menyapa

Di dalam Suku Melayu terdapat sebuah adat dan budaya yang mengatur untuk menyapa keluarga atau siapapun yang dituakan dengan bahasa yang santun dan juga sebagai ungkapan penghormatan. Hal serupa tak terkecuali bagi masyarakat Jambi, khusunya yang bermukim di daerah Desa Tuo Ilir Tebo Ilir Tebo. Hingga saat ini panggilan sapaan tersebut masih lestari di bumi perbatasan Kabupaten Tebo dan Kabupaten Batanghari tersebut. Berikut panggilan sapaan yang biasa digunakan:

1.      Pakteh/Mekteh: Panggilan sapaan untuk keluarga ayah atau ibu yang paling tua. Pakteh kepada laki-laki dan mekteh kepada wanita.
2.      Pakcik/Mekcik: Panggilan sapaan ini ditujukan untuk keluarga ayah atau ibu yang dilahirkan no.2. Pakcik untuk laki-laki dan Mekecik wanita.
3.      Pakngah/Mekngah: Panggilan sapaan ini teruntuk keluarga ayah atau ibu yang lahir ditengah-tengah. Pakngah untuk laki-laki, sedangkan wanita dipanggil Mekngah.
4.      Pakning/Mekning: Panggilan sapaan ini diberikan kepada keluarga ayah atau ibu yang  dilahirkan no.3 terahir. Pakning kepada laki-laki dan Mekning kepada wanita.
5.      Pakdo/Mekdo:  Panggilan sapaan kepada keluarga ayah atau ibu yang dilahirkan no.2 terakhir. Pakdo laki-laki dan Mekdo untuk wanita.
6.      Uwakcek/mekcek: panggilan sapaan untuk keluarga dari ayah atau ibu yang paling kecil. Sapaan uwak cek bisa digunakan kepada laki-laki dan mek cek kepada wanita.
7.      Paklok: Panggilan sapaan kepada anak laki-laki dari keluarga ayah atau ibu yang bungsu.
8.      Abang/dang: Panggilan sapaan kepada kakak. Abang untuk laki-laki dan Dang atau biasa juga ayuk untuk wanita.
9.      Emak/Ebak: Panggilan teruntuk untuk orangtua tercinta. Emak buat ibu dan Ebak/Ayah untuk bapak.
10.  Kulup/Supik: Panggilan sapaan kepada ayah kepada anaknya. Kulup untuk laki-laki dan Supik wanita.


Selain itu juga ada panggilan sapaan seperti Busu, Meksu, Nteh, dan ada masih banyak lagi yang lainnya. Namun panggilan sapaan ini masih tetap disesuaikan dengan apa yang terjadi saat itu.    

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Sama2.... Terima ksih sudah brkunjung. Semoga bermanfaat...

      Hapus
  2. HI KALO PANGGIL NENEK ATAU KAKEK BAHASA JAMBI NYA APA YA ¿
    SEBELUMNYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA
    SALAAM

    BalasHapus